PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

siti eka

Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, melalui 2 siklus dilakukan secara kolaboratif antara peneliti, guru, dan kolaborator. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi sumber daya alam melalui model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray. Subyek penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar Negeri Sindangsari kelas IV yang terdiri dari 35 siswa, terdiri dari 17 orang siswa perempuan dan 18 orang siswa laki-laki. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian pelaksanaan proses pembelajaran dengan memperoleh nilai rata-rata pada siklus I 77,62 dan siklus II memperoleh nilai 88,94. Begitu pula hasil observasi perubahan perilaku siswa menunjukkan adanya peningkatan pada aktivitas siswa dengan memperoleh nilai rata-rata pada siklus I sebesar 74,08, dan siklus II memperoleh nilai 87,83. Sedangkan hasil belajar siklus I memperoleh ketuntasan hasil belajar 68,58% dengan nilai rata-rata sebesar 74,4, pada siklus II meningkat menjadi 88,57% dengan nilai rata-rata 82,64 artinya penelitian berhasil. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Straydapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Sindangsari Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor. Selain itu Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Straydapat meningkatkan perubahan perilaku siswa yaitu keberanian, kerjasama, dan kedisiplinan.

 

                                                                                                                 

Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Two Stay Two Stray, Ilmu Pengetahuan Alam.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.