PERBEDAAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TAG DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAM PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

siti rosidah

Abstract


Penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen quasi. Tujuanya untuk mengetahui perbedaan pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif take and give dan model pembelajaran kooperatif make a match terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada Materi Sumber Daya Alam. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Telukpinang 03 Kabupaten Bogor. Pada kelas V-A, V-B, dan V-C semester II tahun pelajaran 2016/2017. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda sebanyak 21 soal dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,89. Teknik analisis yang digunakan yaitu, uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas varians, kemudian dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t, hasil penelitian menunjukan: Terdapat perbedaan pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif take and give  memperoleh rata-rata N-Gain 76.90 dan model pembelajaran konvensional mendapat rata-rata N-Gain sebesar 41,58 terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Terdapat perbedaan pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif make a match memperoleh rata-rata N-Gain 60,02 dan model pembelajaran konvensional mendapat rata-rata N-Gain sebesar 41,58 terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Terdapat perbedaan pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif take and give  memperoleh rata-rata N-Gain 76,90 dan model pembelajaran make a match mendapat rata-rata N-Gain sebesar 60.02 terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam melalui model pembelajaran kooperatif take and give dan model pembelajaran kooperatif make a match. Dari ketiga model pembelajaran yang diterapkan, yang lebih efektif adalah model pembelajaran kooperatif take and give.

 

Kata Kunci : Hasil Belajar, TAG, MAM

 

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.