Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME)

Tri Noviana

Abstract


Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dan dilaksanakan secara kolaboratif, selama dua siklus. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun ruang sederhana melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME).Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Bojong Koneng 06 berjumlah 47 siswa, dengan komposisi 29 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017.Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata Kualitas proses pembelajaran siklus I memperoleh nilai rata-rata 75,14 dan meningkat pada siklus II dengan memperoleh nilai rata-rata 85,95. Begitu pula dengan hasil observasi perilaku siswa yang nampak (afektif) seperti keaktifan, kecermatan dan kerjasama memperoleh nilai rata-rata pada siklus I adalah 79,95 dan meningkat pada siklus II menjadi 85. Selain itu rata-rata hasil belajar pada siklus I adalah 67,82 dengan ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 53,32%. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata menjadi 79,94 dengan ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 85,10%, artinya penelitian berhasil.Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sederhana kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Bojong Koneng 06 Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor Semester Genap tahun pelajaran 2016/2017. Selain itu, pendekatan pembelajaran ini dapat meningkatkan dan menumbuhkan partisipasi dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci, Hasil Belajar, Realistic Mathematics Education (RME).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.