PENGARUH DISIPLIN SISWA TERHADAFP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan penelitian kausal. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh disiplin siswa terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Siliwangi Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor Tahun Pelajaran 2016/1017 dengan populasi berjumlah 93 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 48 siswa, yang diperoleh dengan menggunakan rumus Taro Yamane dengan presisi sebesar 10%. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner skala likert untuk variabel disiplin siswa dan tes objektif untuk variabel hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara disiplin siswa terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan, ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien regresi (xy) sebesar 0,98 dan diperoleh thitung sebesar 33,2. Ini menunjukan adanya pengaruh disiplin siswa terhadap hasil belajar pendidikan kewarganergaraan, sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,96 atau sebesar 96%. Hal ini berarti nilai hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa sebesar 96% ditentukan oleh disiplin siswa, melalui persamaan regresi Ŷ = -41,55 +1,41X. Sisanya sebanyak 4% ditentukan oleh faktor lain.Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara disiplin siswa terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan.
Kata Kunci : Disiplin Siswa, Hasil Belajar, Pendidikan Kewarganegaraan
Refbacks
- There are currently no refbacks.