Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS
Abstract
Yunita Cahya P., 037113239. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan, Bogor 2017. Penelitian ini dengan menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas, dilaksanakan secara kolaboratif dan 2 siklus. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas V melalui penerpan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar yang terdiri dari 32 siswa, dengan komposisi perempuan 16 siswa dan laki-laki 16 siswa. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester genap Tahun Pelajaran 2016/2017. Hasil peneltian menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil belajar pada siklus pertama sebanyak 14 siswa atau 43,75% yang tuntas, sedangkan siklus kedua 28 siswa atau 87,5% yang tuntas. Begitu pula dengan hasil observasi siswa menunjukan adanya peningkatan aktivitas perilaku siswa dengan memperoleh nilai pada siklus pertama yaitu 77, sedangkan siklus kedua memperoleh nilai 85. Penelitian ini berkesimpulan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray dapat meningktkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Tunggilis Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor. Selain itu, model pembelajaran ini dapat meningkatkan kinerja guru dan perilaku siswa dalam proses pembelajaran.
Refbacks
- There are currently no refbacks.