PERBEDAAN HASILBELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI SUMBER DAYA ALAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY

Umalia Umalia

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif komparatif dengan metode ekperimen quasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui model pembelajaran kooperatif Jigsaw (kelas ekperimen 1) dengan model pembelajaran konvensional (kelas kontrol), perbedaan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam melalui model pembelajaran kooperatif Two StayTwo Stray (kelas eksperimen 2) dengan model pembelajaran konvensional (kelas kontrol) dan perbedaan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam melalui model pembelajaran kooperatif Jigsaw (kelas ekperimen 1) dengan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray (kelas eksperimen 2). Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Sindang Sari Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor kela IV-A,IV-B,IV-C pada bulan Mei, semester genap tahun pelajaran 2016/2017.Teknik analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji homogenitas varians, kemudian dilakukan uji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t.Perhitungan N-Gain pada ketiga kelompok diperoleh nilai N-Gain kelas kontrol (kelompok konvensional) sebesar 59,71, nilai N-Gain kelas eksperimen 1 (Kelompok Jigsaw) sebesar 7621, sedangkan nilai N-Gain kelas eksperimen 2 (Kelompok Two Stay Two Stray) sebesar 71,28. Sehingga nilai N-Gain pada kelas eksperimen 1 lebih besar dari kelompok eksperimen 2 maupun kelas kontrol.Pada uji normalitas dengan uji lieliefors ketiga sampel berdistribusi normal karena nilai ketiga sampel lebih kecil dari Ltabel. Pada kelompok kelas Jigsaw di dapat Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,12 ≤ 0,156, pada kelompok kelas Two StayTwo Stray di dapat Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,10 ≤ 0,156, pada kelompok kelas Konvensional di dapat Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,10 ≤ 0,149. Kemudian pada uji homogenitas didapatkan nilai X2hitung sebesar (2,687) lebih kecil dari x2tabel (5,991). Selanjutnya pada uji hipotesis didapatkan  nilai thitung sebesar 3,928 lebih besar dari ttabel sebesar 1,99714, menunjukkan bahwa H0 (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima.Berdasarkan hail penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam melalui model pembelajaran kooperatif Jigsaw dan model pembelajaram kooperatif Two Stay Two Stray. Model pembelajaran Jigsaw lebih unggul dibandingkan dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray.

 

 

 

Kata Kunci           : Jigsaw, Two Stay-Two Stray, Hasil Belajar

ABSTRACT

This research aims to know the difference of learning result of natural scinces through cooperative learning type jigsaw (experiment class 1), two stay two stray(eksperiment class 2), and conventional learning type (control class). This research was conducted at Sindang Sari State Elementary School, Bogor City, IV-A, IV-B, IV-C in May, even semester of academic year 2016 / 2017. Analytical technique used was prerequisite analysis which included normality test , Homogeneity test, homogeneity test of variance, then tested research hypothesis by using t test. The calculation of N-Gain in the three groups obtained the value of N-Gain control class (conventional group) of 59,71, N-Gain grade experiment class 1 (Group jigsaw) of 76.21, while the value of N-Gain experiment class 2 (two stay two stray Group) is 71,28. So the N-Gain value in the experimental class 1 is greater than the experimental group 2 and the control class. In the normality test by the lieliefors test the three samples are normally distributed because the value of the three samples is smaller than Ltable. In the jigsaw class group can be Lcalculate ≤ Ltable is 0.12 ≤ 0.156, in the TS-TS class group can be Lcalculate ≤ Ltable is 0.10 ≤ 0.156, in the class of Conventional group can Lcalculate ≤ Ltable is 0.10 ≤ 0.149. Then in homogeneity test obtained value X2 count for (2,687) smaller than x2tabel 5,991. Furthermore, the hypothesis test obtained tcount of 3,928 greater than ttable of 1.99714, indicating that H0 (the null hypothesis) rejected and Ha (alternative hypothesis) accepted. Based on the above research hail, it can be concluded that there are differences in learning outcomes through typenatural sciencesJigsaw cooperative learning and cooperative learning typeTwo Stay Two Stray. Learning methods of jigsaw better than learning methods of two stay two stray.

 

 

 

 

Keywords: Jigsaw, Two Stay Two Stray, Study result


Refbacks

  • There are currently no refbacks.