Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation

Devita Firdaus

Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilaksanakan secara kolaboratif menggunakan dua siklus. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki pelaksanaan pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V sekolah Dasar Negeri Curug 03 Kecamatan Bojongsari Kota Depok yang terdiri dari 30 siswa dengan komposisi 15 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I memperoleh nilai 68,9 atau ketuntasan belajar sebesar 56,66% sedangkan siklus II memperoleh nilai rata-rata 86,7 atau ketuntasan belajar 90,00%, artinya penelitian berhasil. Begitu pula dengan hasil penilaian pelaksanaan pembelajaran siklus I memperoleh nilai 77 dan penilaian siklus II memperoleh nilai 83,5. Sedangkan hasil observasi siswa menunjukan adanya peningkatan pada sikap berupa kedisiplinan, kerjasama dan keberanian dengan memperoleh nilai pada siklus I yaitu 73 sedangkan siklus II memperoleh nilai 84,4. Penelitian ini berkesimpulan bahwa adanya Peningkatan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Model Kooperatif Group Investigation pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Curug 03 Kecamatan Bojongsari Kota Depok. Selain itu model pembelajaran ini dapat meningkatkan kedisiplinan, kerjasama dan keberanian siswa dalam pelaksanaan pembelajaran.

Kata kunci: Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Group Investigation


Refbacks

  • There are currently no refbacks.