PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION
Abstract
Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing.Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. Bogor. 2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dilaksanakan secara kolaboratif dalam dua siklus. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui penerapan model pembelajaran Snowball Throwing. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Cipaku 1 Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor sebanyak 36 peserta didik dengan komposisi peserta didik laki-laki sebanyak 16 peserta didik dan perempuan sebanyak 20 peserta didik. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil perbaikan proses pembelajaran pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 81.35, siklus II meningkat memperoleh nilai rata-rata 86.21, begitu pula dengan hasil observasi perbaikan sikap peserta didik menunjukkan adanya peningkatan pada keaktifan, kerjasama, dan kedisiplinan peserta didik dengan memperoleh nilai 73.74 pada siklus I, pada siklus II memperoleh nilai 83.33. kemudian ketuntasan hasil belajar pada siklus I sebesar 75% dan siklus II mengalami peningkatan dengan ketuntasan 88.89%. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas V Sekolah Dasar Negeri Cipaku 1 Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor.
Kata kunci : Hasil Belajar, Snowball Throwing, Ilmu Pengetahuan Alam
Refbacks
- There are currently no refbacks.