PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Quratul Aini

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses dan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Cerita Rakyat pada siswa kelas V melalui model Pembelajaran Cooperative Script. Objek penelitian ini adalah siswa SDN Sirnagalih 03 Kelas V A yang terdiri dari 32 siswa. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siklus I memperoleh ketuntasan hasil belajar sebesar 67,15%, hasil belajar siklus II memperoleh ketuntasan hasil belajar sebesar 80,12%. Sedangkan dengan kualitas pelaksanaan pembelajaran pada siklus I memperoleh nilai sebesar 78,5% dan pada siklus II meningkat menjadi 86,1%. Begitu pula dengan hasil observasi perilaku siswa menunjukkan adanya peningkatan pada aktivitas siswa dengan memperoleh nilai rata-rata pada siklus I yaitu 65,31%, sedangkan siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 75.00%. berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V A di SDN Sirnagalih 03 Kelurahan Sukamatri Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor. Selain itu model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan keaktifan, ketelitian, bekerjasama dan Tekun siswa dalam proses pembelajaran.

 

Kata kunci: Hasil Belajar, Bahasa Indonesia, Model Cooperative Script

ABSTRACT

Implementation of Cooperative Script Learning Model to Improve Learning Outcomes in Indonesian Language Subjects public primary Schools Sirnagalih 03 Kelurahan Sukamatri Sub District Parksari District Bogor. Thesis of Elementary School Teacher Education Program. Faculty of Teacher Training and Education. University Pakuan Bogor. 2017.  The purpose of this study is to improve the learning outcomes of Indonesian language subjects folktales on students of class V through Cooperative Script Learning Model. The object of this study is the studenst SDN Sirnagalih 03 Class VA consiting of 32 Students. This study was conducted in the odd semester of the academic year 2017/2018. The results showed that the average score of indonesian language subjects in cycle I get the completeness of the learning result of 67,15%, the learning outcome of cycle II obtained learning results completeness of 80,12%. Whille with the process of implementation of learning in the firts cycle to get a value of 78,5% and in the second cycle increased to 86,1%. As well as the results of students behavioral observations showed an increase in student activity by obtaining the average value in cycle is 65,31%, while cycle II get an average value of 75,00%. Based on the results of research can be concluded that Cooperative Script learning model can improve student learning outcomes class V A in SDN Sirnagalih 03 urban villages sukamatri parksari district bogor. Besides Cooperative Script learning  model can improve liveliness, prescision, Cooperation and diligent students in the learning prosess.

Keywords: Learning Outcomes Bahasa Indonesia Instructional Model Cooperative Script.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.