PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BERSYUKUR ATAS KEBERAGAMAN
Abstract
Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar subtema Bersyukur atas Keberagaman siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pabuaran yang terdiri dari 37 siswa, pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester gasal tahun pelajaran 2017/2018.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan proses pembelajaran yang dilakukan oleh peneliti, pada siklus I memperoleh rata-rata 79 dan pada siklus II 89,5 kemudian pada siklus III 91 yaitu termasuk pada interpretasi baik. Pada penilaian hasil belajar aspek sikap pada siklus II menjadi 80 dengan presentase 78,3% termasuk interprestasi baik. Begitupula pada ketuntasan hasil belajar aspek pengetahuan siklus I mencapai presentase 62,16% dengan rata-raa 74,81 dan meningkat pada siklus II mencapai presentase 81,08% dengan rata-rata 79,16 kemudian pada siklus III mencapai presentase 89,01% dengan rata-rata 83,08 yaitu sangat baik. Peneltiian ini berkesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar subtema bersyukur atas keberagaman. Pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pabuaran Kecamatan Bogor Selatan.
Kata kunci : Hasil Belajar, Subtema Bersyukur atas keberagaman, Model Pembelajaran Inkuri
Refbacks
- There are currently no refbacks.