PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA

irawati setyaningsih

Abstract


ABSTRAK

 

Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman mata pelajaran Bahasa Indonesia  pada siswa kelas V melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition  . Subjek penelitian ini adalah guru dan  siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Cibinong 04 Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor yang terdiri dari 29 siswa, dengan komposisi 16 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dua siklus, setiap siklus satu kali pertemuan terdiri dari empat tindakan utama yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Kemudian, Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran pada siklus pertama memperoleh nilai 82,97 dan siklus kedua memperoleh nilai 86,2. Begitu pula dengan hasil observasi prilaku siswa yang nampak menunjukkan adanya peningkatan dengan nilai yang diperoleh pada siklus pertama 80,14 kemudian pada siklus kedua meningkat menjadi 85,21 dengan kategori baik. Adapun rata – rata hasil belajar pada siklus pertama memperoleh nilai rata-rata 66,48 dengan ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 41,38%. Pada siklus II terjadi peningkatan rata-rata nilai hasil belajar menjadi 77,83 dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar  79,3%. Penelitian ini berkesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition  dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dalam pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas V di SDN Cibinong 04 Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor. Selain itu, penerapan model pembelajaran ini dapat meningkatkan proses pelaksanaan pembelajaran di kelas serta meningkatkan keberanian, kedisiplinan dan tanggung jawab dalam proses pembelajaran. 

 

 

Kata Kunci : Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition,

                      Kemampuan Membaca Pemahaman, dan Bahasa Indonesia.

ABSTRACT

 

 

 

The main objective of this research is to improve reading comprehension ability of Indonesian language subjects to V class students through the implementation of Cooperative Integrated Reading And Composition learning model. The subjects of this study were teachers and students of grade V of Cibinong 04 State Elementary School in Cibinong Sub-district, Bogor Regency, consisting of 29 students, with the composition of 16 female students and 13 male students. This study was conducted in the odd semester of the academic year 2017/2018. This classroom action research is conducted in two cycles, each one-time cycle consists of four main actions: planning, action execution, observation, and reflection. Then, the results showed that the learning process in the first cycle obtained a value of 82.97 and the second cycle obtained value 86.2. Similarly, the observation results of student behavior that appears to indicate an increase with the value obtained in the first cycle 80.14 then in the second cycle increased to 85.21 with good category. The average of  learning outcomes in the first cycle obtained an average score of 66.48 with a complete learning outcome in a classical manner of 41.38%. In the second cycle there is an increase in the average value of learning outcomes to 77.83 with learning completeness in the classical by 79.3%. This study concludes that the implementation of Cooperative Integrated Reading And Composition learning model can improve the ability to read comprehension in Indonesian language lessons in grade V students at SDN Cibinong 04 Cibinong District, Bogor Regency. In addition, the application of this learning model can improve the process of implementation of learning in the classroom and increase courage, discipline and responsibility in the learning process.


Keywords; Model Learning Cooperative Integrated Reading And Composition,
                       Ability to Read Understanding, and Language Indonesia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.