Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Subtema Kebersamaan Dalam Keberagaman Dengan Pendekatan Saintifik

nia fitriani

Abstract


Penelitian ini dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas. Dilaksanakan secara kolaboratif dan tiga siklus. bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar subtema kebersamaan dalam keberagaman siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Lawanggintung 1 yang terdiri dari 35 siswa, pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester gasal tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan proses pembelajaran yang dilakukan oleh peneliti, pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 84 dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 88 kemudian pada siklus III memperoleh nilai rata-rata 92 yaitu termasuk pada interpretasi sangat baik. Pada penilaian hasil belajar aspek sikap siklus I diperoleh nilai rata-rata yaitu 79 termaasuk interpretasi cukup dan pada siklus III memperoleh nilai rata-rata 89 termasuk interpretasi baik. Demikian juga pada ketuntasan hasil belajar siswa meningkat hal ini ditunjukan pada hasil belajar aspek pengetahuan siklus I mencapai persentase 65,7% dan  meningkat pada siklus II mencapai persentase 82,8% kemudian pada siklus III mencapai persentase 88,6% yaitu sangat baik. Penelitian ini berkesimpulan bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar subtema kebersamaan dalam keberagaman dengan pendekatan saintifik pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Lawanggintung 1 Kota Bogor.

 

Kata kunci: Hasil Belajar, Keberagaman, Problem Based Learning


Refbacks

  • There are currently no refbacks.