Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran dan peningkatan hasil belajar dengan subjek penelitian siswa kelas IV-A semester genap 2016/2017 dengan jumlah 31 siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) peneliti bertindak sebagai pengajar dan kolaborator sebagai pengamat. Prosedur kerja dilaksanakan bersiklus ada empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing satu siklus satu pertemuan. Setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif Scramble hasil belajar Bahasa Indonesia meningkat dari siklus pertama ke siklus kedua. Hasil penelitian menunjukkan penilaian pelaksanaan pembelajaran pada siklus I dengan presentase 77,65% menjadi 86,18%, pada siklus II hasil observasi pada siswa menunjukkan peningkatan pada sikap berupa kerja sama, bertanggung jawab, dan keaktifan diperoleh pada siklus I dengan presentase 71,45% dan meningkat pada siklus II menjadi 85,15%, dan untuk nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I 71,94 meningkat menjadi 79,40 di atas KKM yaitu 75. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Scramble dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV-A Sekolah Dasar Negeri Sukadamai 1 Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor.
Kata Kunci : Hasil Belajar; Model Pembelajaran Kooperatif; Scramble
Refbacks
- There are currently no refbacks.