MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH

Shenie Pramesti

Abstract


Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas dan dilaksanakan secara kolaboratif dan dua siklus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Kencana 2 Kecamatan Tanan Sareal Kota Bogor melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Make A Match. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kencana 2 sebanyak 35 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan, yang dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan proses pelaksanaan pembelajaran pada siklus I sebesar 71% dan pada siklus II meningkat menjadi 86% dengan interpretasi sangat baik . Pada perubahan perilaku siswa siklus I yaitu 68% dan pada siklus II meningkat menjadi 80% dengan interpretasi baik. Pada perubahan keterampilan siklus I yaitu 66% dan meningkat pada siklus II menjadi 80% dengan interpretasi baik. Kemudian ketuntasan hasil belajar siswa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siklus I memperoleh nilai rata-rata yaitu 68,5 dengan ketuntasan hasil belajar 60% belum mencapai kriteria ketuntasan minimal, kemudian harus dilakukan perbaikan pada siklus II dan mengalami peningkatan sebanyak 25,2% pada siklus II memperoleh nilai rata-rata yaitu 78,3 dengan ketuntasan belajar menjadi 85,7% yang mencapai kriteria ketuntasan minimal. Kesimpulan penelitian ini yaitu bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Make A Match dapat memperbaiki proses pembelajaran pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Kencana 2 Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor semester genap tahun ajaran 2016/2017.
Kata kunci: Hasil Belajar, IPS, Model Pembelajaran Make A Match.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.