Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam

Tri Handayani

Abstract


Penelitian ini dengan desain dan model Penelitian Tindakan Kelas, serta dilaksanakan secara kolaboratif dan dua siklus. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran dan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui model pembelajaraan kooperatif Make A Match. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Babakan Dramaga 03 yang terdiri dari 28 siswa, dengan komposisi 18 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada Semester Genap tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I memperoleh nilai 70,21 dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 75% dan siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata menjadi 77,14 dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 89,3% artinya penelitian berhasil dalam menggunakan model pembelajaran kooperatif Make A Match pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Begitu pula dengan perbaikan proses pembelajaran pada siklus I sebesar 82,3%, siklus II sebesar 86,65%. Sedangkan hasil observasi siswa menunjukan adanya peningkatan pada perilaku siswa yang nampak dengan memperoleh nilai pada siklus I yaitu 68,57% dan siklus II memperoleh nilai 85,2%. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Make A Match dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Babakan Dramaga 03 Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor Semester Genap tahun pelajaran 2016/2017.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match. Hasil Belajar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.