PENGARUH MINAT BACA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

Rima Riska

Abstract


Penelitian ini tergolong dalam penelitian kuantitatif asosiatif dengan menggunakan pendekatan studi kausal yang terdiri dari minat baca sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat baca terhadap hasil belajar IPA. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2017. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri Papandayan Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor yang terdiri dari 48 sampel responden. Pengujian prasyarat analisis berupa Liliefors untuk variabel minat baca dengan hasil belajar IPA menunjukan bahwa Lhitung<Ltabel= 0,1044<0,1280 artinya kedua variabel tersebut berdistribusi normal. setelah uji normalitas kemudian dilakukan pengujian homogenitas menggunakan uji Fisher menunjukan bahwa Fhitung<Ftabel= 2,39<4,05 yang berarti kedua data variabel dari populasi yang berdistribusi homogen.Teknik analisis data yang digunakan yaitu  teknik analisis regresi korelasi sederhana, dimana kedua analisis tersebut menghasilkan suatu model hubungan yang menyatakan dalam persamaan regresi Ŷ = (10,97 + 0,456X) yang berarti signifikan. Kekuatan pengaruh minat baca terhadap hasil belajar IPA koefisien determinasi (KD) = - 0,80 atau sebesar 80% hasil belajar ditentukkan oleh minat baca. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara minat baca terhadap hasil belajar IPA. Hal ini menunjukan bahwa untuk meningkatkan hasil belajar maka harus ditingkatkan pula minat baca.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.