PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Heli Rohmah

Abstract


ABSTRAK

 

Heli Nur Rohmah, 037113126. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Bojongkoneng 03 Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan Bogor 2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, melalui 2 siklus dilakukan secara kolaboratif antara peneliti, guru, dan kolabolator. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mataeri Kisah Nabi Ibrahim dan nabi Ismail pada siswa kelas IV di SD Negeri Bojongkoneng 03 Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Bojongkoneng 03 semester Genap tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penilaian  pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru, pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 74% dan pada siklus II 91%. Selain itu terlihat pada aktivitas siswa yang nampak meningkat 14,3%, hal ini ditunjukan pada siklus I 74,5% dan siklus II 88,8.%  Begitupula pada ketuntasan hasil belajar siswa meningkat 34%. Hal ini ditunjukan pada hasil belajar siswa siklus I 53% dan siklus II 87%. Serta nilai rata-rata hasil belajar pada setiap siklusnya meningkat yaitu dari siklus I 72,6% sedangkan siklus II 81,2%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas IV SD Negeri Bojongkoneng 03 Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor. Selain itu Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan perubahan perilaku siswa yaitu keaktifan, kerjasama, dan tanggung jawab siswa dalam proses pembelajaran.

                                                                                                                 

Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw, Pendidikan Agama Islam.

ABSTRACT

Heli Nur Rohmah, 037113126. Implementation of Jigsaw Cooperative Learning Model to Increase Student Learning Outcomes in Islamic Education subjects in Bojongkoneng State Elementary School 03 Babakan Madang District, Bogor Regency. Thesis of the Primary School Teacher Education Program. Faculty of Teacher Training and Education. University of Pakuan Bogor 2017. This research is a Classroom Action Research, through 2 cycles conducted collaboratively between researchers, teachers, and collabators. The main purpose of this research is to find out whether the implementation of Jigsaw cooperative learning model can improve student learning outcomes in the eyes of the Story of Prophet Ibrahim and Ismail Prophet in fourth grade students in Bojongkoneng State Elementary School 03 Babakan Madang District Bogor Regency. The subject of this research is the fourth grade students of SD Negeri Bojongkoneng 03 semester Even the year 2016/2017 with the number of students as many as 30 students, consist of 10 male students and 20 female students. The results showed that the assessment of the implementation of learning conducted by teachers, in the first cycle I get an average of 74% and 91% in cycle II. Besides, it can be seen on the activity of students which seems to increase 14,3%, it is shown in cycle I 74,5% and cycle II 88,8%. Similarly, the result of student's learning achievement increased 34%. This is shown in the results of student learning cycle I 53% and cycle II 87%. And the average value of learning outcomes in each cycle increased from the cycle I 72.6% while the second cycle 81.2%. Based on the results of this study can be concluded that the implementation of Cooperative Learning Model Jigsaw can improve student learning outcomes in the subjects of Islamic Religious Education in the fourth grade of Bojongkoneng State Elementary School 03 Babakan Madang District Bogor Regency. In addition Jigsaw Cooperative Learning Model can improve student behavior change that is activeness, cooperation, and responsibilities of students in the learning process.

Keywords: Learning Outcomes, Jigsaw Cooperative Learning Model, Islamic Religious     Education.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.