HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN LINGUISTIK DENGAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Dyan Utami

Abstract


Penelitian  ini adalah penelitian korelasional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan linguitik dengan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial.Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner skala Likert untuk variabel kecerdasan linguistik dan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial. Uji validitas instrumen kecerdasan linguistik dan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial dihitung menggunakan rumus Product Moment Pearson dan untuk uji reliabilitas dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kedunghalang 1 Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017 populasinya berjumlah 98 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 49 siswa, yang diperoleh dengan menggunakan rumus Taro Yamane dengan presisi sebesar 10%.Penelitian kuantitatif ini dilakukan dengan uji coba validitas dan reliabilitas instrumen yang kemudian dilanjutkan dengan mensurvai sampel dengan instrumen yang valid dan reliabel. Kemudian, hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan antara kecerdasan linguistik dengan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial, ditunjukan dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien regresi (rxy) sebesar 0,945 dan diperoleh thitung sebesar 76,17. Ini menunjukan adanya hubungan antara kecerdasan linguistik dengan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial, sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,89 atau sebesar 89%. Hal ini berarti nilai hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa sebesar 89% ditentukan oleh kecerdasan linguistik, melalui persamaan regresi Ŷ= -161,82 + 2,64 X. Sisanya sebanyak 11% ditentukan oleh variabel lain.  Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara kecerdasan linguistic dengan hasil belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Hal ini menunjukan bahwa untuk meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa maka harus mengembangkan kecerdasan linguistik siswa tersebut.

.

 

Kata Kunci : Kecerdasan Linguistik, Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial


Refbacks

  • There are currently no refbacks.