PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS UNTUK MEMPERBAIKI HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan kolaborator. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk memperbaiki hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas IV melalui model pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Divisons. Obyek penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar Negeri Kertajaya 02 yang terdiri dari 29 siswa, dengan komposisi 20 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pembelajaran pada siklus I memperoleh nilai 82,93, dan kualitas pembelajaran pada siklus II memperoleh nilai 95,58. Perbaikan proses pembelajaran pada siklus I memperoleh nilai 74,15, dan pada siklus II memperoleh nilai 89,74. Ketuntasan hasil pembelajaran pada siklus I sebesar 51,72%, dan hasil belajar pada siklus II sebesar 93,10%. Begitu pula dengan rata-rata hasil belajar pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 66,06, dan hasil belajar pada siklus II meningkat menjadi 84,34. Ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan. Penelitian ini berkesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Divisons dapat memperbaiki hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kertajaya 02 Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor. Selain itu model pembelajaran ini dapat memperbaiki ketelitian, keaktifan, dan kerjasama siswa dalam proses pembelajaran dengan bimbingan seorang guru.
Kata kunci: Hasil Belajar, IPA, Pembelajaran Kooperatif STAD.
Refbacks
- There are currently no refbacks.