Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Melalui Model Course Review Horay

Ai Patimah

Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan dua siklus. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas V A melaa lui model Course Review Horay. Subyek penelitian ini adalah siswa Kelas V A Sekolah Dasar Negeri Leuweungdatar yang terdiri dari 30 siswa, dengan komposisi 20 siswa perempuan, dan 10 siswa laki-laki. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 79,2% sedangkan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 90,5%. Kemudian nilai rata-rata hasil observasi perubahan perilaku siswa menunjukan adanya peningkatan dengan memperoleh nilai rata-rata 77% dan pada siklus II memperoleh nilai rata 88%. Begitu pula dengan hasil belajar siklus I memperoleh nilai rata-rata 64 dengan persentase 56,7% dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 77 dengan persentase 86,7%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Course Review Horay dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas V A di Sekolah Dasar Negeri Leuweungdatar Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Cianjur. Selain itu, model pembelajaran dapat meningkatkan perilaku siswa dalam pembelajaran Matematika
Kata kunci : Hasil Belajar, Model dan Pembelajaran Kooperatif Course Review Horay


Refbacks

  • There are currently no refbacks.