PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY UNTUK MEMPERBAIKI HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
Abstract
ABSTRAK
Penelitian menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dilakukan secara kolabolatif dan dua siklus. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk memperbaiki hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas V Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray. Objek ini adalah SDN Kutalanggeng III kelas V yang terdiri dari 22 siswa, dan komposisi 10 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Pelaksanaan Penelitian ini di lakukan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017.Subjek Penelitian ini siswa kelas V SDN Kutalanggeng III kecamatan Tegalwaru Kabupaten Karawang yang terdiri dari 22 siswa, dan komposisi 10 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Pelaksanaan Penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata siswa kelas V, pada proses pembelajaran siklus I mencapai nilai sebesar 78,4% dan pada siklus II meningkat sebesar 91%, untuk hasil observasi perilaku siswa menunjukan adanya peningkatan siklus I memperoleh 62% dengan persentase ketuntasan sebesar 45% dan nilai rata-rata pada siklus II meningkat menjadi 83 % nilai sebesar dengan persentase ketuntasan sebesar 90%, KKM tercapai. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat di simpulkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray dapat memperbaiki hasil belajar di SDN Kutalanggeng III kelas V kecamatan Tegalwaru, kabupaten Karawang, semester Ganjil tahun pelajaran 2016/2017. selain itu, model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray dapat meningkatkan partisipasi aktif dan perilaku siswa dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
ABSTRACT
Research using Classroom Action Research model (PTK). Collabolated and two cycles. The main purpose of this research is to improve the learning outcomes of subjects of Natural Sciences in the Grade V students through the Application of Two Stay Two Stray Cooperative Learning Model. This object is SDN Kutalanggeng III class V consisting of 22 students, and composition of 10 male students and 12 female students. Implementation This research was conducted in the even semester of the academic year 2016 / 2017.Subjek This research students class V SDN Kutalanggeng III Tegalwaru District Karawang regency consisting of 22 students, and the composition of 10 male students and 12 female students. Implementation The study was conducted in the even semester of the academic year 2016/2017. The result of the research shows that in cycle II, the average score of the students in grade V increases, in the learning cycle I reaches 78.4% and the second cycle increases by 91%, the students' % With a percentage of completeness of 45% and the average value in cycle II increased to 83% value by the percentage of completeness by 90%, KKM achieved. Based on the above research results can be concluded that Cooperative Learning Model Two Stay Two Stray can improve the learning outcomes in SDN Kutalanggeng III class V Tegalwaru district, Karawang regency, Odd semester year 2016/2017. In addition, Two Stay Two Stray cooperative learning model can increase the active participation and behavior of students in the learning process.
Keywords: Cooperative Learning Model Two Stay Two Stray Natural Science Subject
Refbacks
- There are currently no refbacks.