PERBEDAAN HASIL BELAJAR SUBTEMA LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU PADA TEMA TEMPAT TINGGALKU DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN DAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK
Abstract
Penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen quasi. Bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil
belajar subtema lingkungan tempat tinggalku pembelajaran keempat dengan muatan pembelajaran
IPA, IPS dan Bahasa Indonesia.
Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Cipayung 01 Kabupaten Bogor. Pada kelas
IV-A, IV-B dan IV-C bulan Maret, semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Teknik analisis
yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis dengan uji normalitas galat data dari ketiga sampel
berdistribusi normal karena nilai Lhitung > Ltabel. Pada uji homogenitas didapatkan nilai
2 hitung
(1,730) ≤
2 tabel (5,591), dan dilakukan uji hipotesis melalui uji t dengan kesimpulan hasil
penelitian hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternativ (Ha) diterima, maka: Terdapat
perbedaan hasil belajar subtema lingkungan tempat tinggalku melalui model pembelajaran
penemuan dengan nilai N-Gain 64,65 dan model pembelajaran konvensional dengan nilai N-Gain
55,35. Terdapat perbedaan hasil belajar subtema lingkungan tempat tinggalku melalui model
pembelajaran berbasis proyek dengan nilai N-Gain 63,50 dan model pembelajaran konvensional
dengan nilai N-Gain 55,35. Terdapat perbedaan hasil belajar subtema lingkungan tempat tinggalku
melalui model pembelajaran penemuan dengan nilai N-Gain 64,65 dan model pembelajaran
berbasis proyek dengan nilai N-Gain 63,50.
Kata kunci: Hasil belajar, saintifik, penemuan, proyek
Refbacks
- There are currently no refbacks.