PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH UNTUK MEMPERBAIKI HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA

Widia Septiani

Abstract


Penelitian Ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas berbasis KTSP. Tujuan penelitian untuk memperbaiki hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam tentang gaya melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Make A Match pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Sukasari Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor. Subyek penelitian yaitu siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Sukasari Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor yang terdiri dari 35 siswa, dengan komposisi perempuan 19 siswa dan laki-laki 16 siswa. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan dua siklus, siklus I memperoleh ketuntasan hasil belajar sebesar 65,71% dengan nilai rata-rata 70,16 sedangkan siklus II memperoleh ketuntasan hasil belajar 88,57% dengan nilai rata-rata 75,31. Begitupula dengan hasil observasi aktivitas siswa menunjukkan adanya peningkatan dengan nilai yang diperoleh pada siklus I 69,14%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 91,05% dengan interpretasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Make A Match dapat memperbaiki hasil belajar. Selain itu, penerapan model pembelajaran kooperatif Make A Match dapat meningkatkan keaktifan dan kerjasama siswa dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match, Hasil Belajar, IPA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.