PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NHT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti, observer, dan subyek yang diteliti.Tujuan penelitian ini yaitu untuk memperbaiki proses belajar dan meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas IV melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Sukaraja 02 yang terdiri dari 32 siswa.Hasil Penelitian ini menunjukan penilaian pelaksanaan pembelajaran pada siklus I pertemuan I sebesar 69,5%, siklus I pertemuan II sebesar 76,5%, siklus II pertemuan I sebesar 83,7%, siklus II pertemuan II sebesar 88,5%, meningkat 1,8 indikator keberhasilannya yaitu 81%. Observasi perubahan siswa siklus I pertemuan I sebesar 43,53%, siklus I pertemuan II sebesar 74,46%, siklus II pertemuan I sebesar 83,528%, siklus II pertemuan II sebesar 87,808%, meningkat 35,21% indikator keberhasilannya yaitu 81%. Perubahan keterampilan siswa pada siklus I pertemuan I sebesar 75,0%, siklus I pertemuan II sebesar 3,93%, siklus II pertemuan I sebesar 86,84%, siklus II pertemuan II sebesar 93,57%, meningkat 14,864% indikator keberhasilannya yaitu 81%. Ketuntasan hasil belajar siswa siklus I pertemuan I sebesar 50%, siklus I pertemuan II sebesar 62%, siklus II pertemuan I sebesar 7%, siklus II pertemuan II sebesar 93%, meningkat 27% indikator keberhasilannya yaitu 85%. Kesimpulan peneliti yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together dapat memperbaiki proses belajar dan meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sukaraja 02. Selain itu, model pembelajaran ini dapat meningkatkan tanggung jawab, kerjasama, dan ketelitian siswa dalam proses pembelajaran.
Kata kunci; Hasil Belajar;Model Pembelajaran NHT ;IPS
Refbacks
- There are currently no refbacks.